Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program

/
0 Comments
Halo!

Saya baru saja pulang dari menjalani program selama 52 hari Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program!

Ship for Southeast Asian Youth Program (SSEAYP) merupakan salah satu Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). SSEAYP pertama kali dimulai pada tahun 1974 berlandaskan kesepakatan (joint statement) antara negara Jepang dan lima negara anggota ASEAN pada saat itu, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Program SSEAYP sendiri terbagi menjadi dua jenis kegiatan yaitu, kegiatan di atas kapal (Onboard Activities) dan kunjungan ke negara Jepang dan negara negara Asia Tenggara (Country Program) yang berbeda setiap tahunnya.
Onboard Activities terdiri dari:

  • Discussion Group
  • Club Activities
  • Solidarity Group
  • Voluntary Activities
  • National Presentation
  • Flag Hoisting
  • Welcoming Ceremony
  • Courtesy Call and Receptions, 
  • Institutional Visits
  • Interaction with Local Youth
  • Welcoming Dinner
  • Country Performance
  • Homestays
  • Farewell Ceremony
Tujuan dari SSEAYP sendiri adalah untuk membangun prinsip kesepahaman antara peserta dari 11 negara dan juga membangun persahabatan melalui pertukaran budaya.

Dan Country Programs terdiri dari:


Salah satu kegiatan yang paling ditunggu tunggu adalah Country Program, di mana kapal Nippon Maru akan berlabuh di Port of Call dan peserta dapat merasakan homestay selama tiga hari dua malam. 


Selama program Homestay, selain membawa peserta ke tempat tempat destinasi wisata keluarga biasanya akan mengajak hidup seperti warga setempat. 


Peserta akan tinggal bersama satu orang peserta dari negara lain dengan keluarga angkat. Di atas merupakan foto saya dengan keluarga angkat dan teman saya dari Thailand.


Sebagian besar waktu digunakan di dalam kapal Nippon Maru. Saya merasakan Program ini sangat bermanfaat karena saya dapat menjalin hubungan persahabatan dengan banyak orang dari berbagai negara.



Terima kasih Dauky karena telah memilih saya menjadi Duta Dauky dan membantu saya dalam mengikuti program yang mengubah hidup saya ini.






You may also like

No comments: